Notification texts go here Contact Us Buy Now!
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Ngeblog Lancar Modal 50k Dapat Domain ID 5 Tahun dan SSL

Mau ngeblog keliatan lebih profesional? Cukup modal 50k udah dapet domain ID 5 tahun dan SSL selama 15 tahun. Gimana caranya? Baca selengkapnya.
Ngeblog Lancar Modal 50k Dapat Domain ID 5 Tahun dan SSL
Ngeblog Lancar Modal 50k Dapat Domain ID 5 Tahun dan SSL

Halo Teoeloeler, gimana ngeblognya lancar? sebelumnya disclaimer dulu ya konten kali ini bertujuan untuk sharing atau berbagi pengalaman, siapa tau bisa jadi referensi.

Normalnya kalau teoeloeler membuat sebuah blog menggunakan CMS WordPress atau Blogspot maka domain yang diberikan pasti dalam bentuk subdomain dari penyedia layanan CMS tersebut.

Contohnya kalau menggunakan wordpress maka URL-nya namasitus.wordpress.com atau kalau menggunakan blogspot maka URL-nya namasitus.blogspot.com.

Sebenarnya gak ada yang salah kalau mau tetep pake domain bawaan, cuman mungkin bakal keliatan kurang profesional aja.

Coba kalau website teoeloeler pake domain TLD, pasti keliatannya keren dan makin percaya diri kalau mau bagiin link artikel di sosial media.

Namun menurut admin poin pentingnya bukan di kalimat "kurang terlihat profesional" tapi sebagai bahan pembelajaran.

Teoeloeler bakal belajar gimana caranya beli sebuah domain, mengenal banyak penyedia layanan hosting, belajar dns routing, belajar pasang SSL dan seterusnya.

Untuk mendapatkan sebuah Top Level Domain (TLD) itu ga gratis, dan ga sedikit yang terkendala faktor ekonomi sehingga menjadi penghalang buat dapetinnya :((

Bayangin kalau teoeloeler beli domain .COM seharga 135k terus beli SSL Sectigo Positive 150k, itu udah ngabisin duit 285k. Buat yang ada duit mah ga masalah tapi gimana yang dana-nya pas-pasan?

Seperti judul artikelnya, disini admin mau ngasih referensi buat yang punya modal cuman 50k tapi bisa dapet domain ID plus SSL nya. Website ini adalah contohnya :))

Gunakan Domain ID

Bisa dilihat tabel harga domain ID dibawah ini, karena admin beli domainnya di IDCloudhost jadinya ya ngasih rekomendasinya disitu tapi jangan khawatir itu udah hasil perbandingan dengan penyedia layanan lain dan IDCloudhost paling murah.

Tabel Harga Domain ID

Pertama, kita gunakan domain MY.ID karena harganya sangat terjangkau, terlebih lagi website dengan domain MY.ID berpotensi berada pada peringkat pertama di search engine.

Kedua, karena domain ini hanya digunakan untuk website yang berlokasi di Indonesia, sehingga target pengunjung akan lebih spesifik dalam mesin pencarian.

Kalau artikel teoeloeler dibuat pake bahasa indonesia maka menggunakan domain MY.ID adalah solusinya, selain lebih mudah dapet pengunjung, websiter juga terlihat lebih profesional dan tentunya dengan budget minimal.

Gunakan SSL Cloudflare

SSL berfungsi agar website bisa diakses melalui link HTTPS. SSL CloudFlare yang diterbitkan setingkat dengan Domain validation (DV) dan udah support dengan protokol TLS v1.0 hingga v1.3.

Kalau teoeloeler cuman beli domain aja tanpa hosting udah dipastiin SSL untuk domainnya ga akan otomatis terpasang, untuk itu kita perlu melakukan sedikit trik.

Buat akun Cloudflare dan beresin semua proses registrasinya, kalau udah nanti disana ada menu Add Site. Masukin domain yang udah dibeli tadi dan ikutin prosesnya sampai selesai.

Baca Juga : Setting SSL Cloudflare untuk Blogger Lengkap dengan Gambar 2023

Jangan lupa ganti NS (Nameserver) domainnya dan arahkan ke cloudflare, kalau sudah berhasil mengarahkan domain ke cloudflare, jika sudah selamat website terlihat lebih profesional.

Kesimpulan

Memberikan domain untuk situs web itu penting, selain terlihat profesional domain juga mempengaruhi tinggal kepercayaan pembaca. Sempatkanlah mengeluarkan modal 50k untuk ngeblog lancar 5 tahun kedepan.

Kalau teoeloeler baca artikel ini maka wajib baca artikel lanjutannya tentang cara setting SSL-nya yak.

About the Author

Make it Simple but Significant!

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.